Sunday, August 7, 2016

Di Bawah Alam Sadar : Edisi Bioskop


Halooo semua :)
Apa kabar???

Sempat lupa kalau sekarang sudah bulan Agustus dan baru ngeh setelah melihat mulai banyak bendera merah putih yang berkibar dimana-mana. Hehehhe...

Nonton film di bioskop tentunya sangat mempunyai sensasi yang berbeda dibandingkan dengan menonton film di TV rumah. Terlebih lagi jika film tersebut fiksi yang mempunyai banyak efek. Jika ditonton di biskop yang mempunyai fasilitas 3D apalagi ditambah IMAX pasti feel-nya beda banget! *harganya juga beda tentunya*

Post kali ini akan membahas mengenai kebiasaan-kebiasaan apa, sih, yang sebenarnya secara kita tidak sadari sering dilakukan saat akan menonton di bioskop.

Suara di Bioskop

"Mohon perhatian Anda. Pintu teater satu telah dibuka. Para penonton yang telah memiliki karcis, dipersilakan untuk memasuki ruangan teater."
Mungkin kita sudah sangat sering mendengarnya dan secara tidak sadar kita pun sering menirukan baik suara maupun logat dari pengumuman tersebut. 

Sebenarnya suara tersebut merupakan suara Ibu Maria Oentoe yang sudah mengisi suara untuk bioskop-bioskop di Indonesia sejak tahun 1987. Bermula dari kariernya di bidang penyiaran, Beliau ternyata sempat sampai di dunia akting!


Ngumpetin Makanan dan (atau) Minuman dari Luar

Seperti yang kita semua tahu bahwa di dalam bioskop kita tidak boleh membawa makanan ataupun minuman dari luar. Selain yang kita beli di dalam bioskop itu sendiri.

Namun, seringkali diantara kita (ceileh bahasanya) pasti ada saja yang menyembunyikan makanan/ minuman supaya bisa dibawa masuk ke dalam teater. Untuk mengatasi hal ini biasanya ada bioskop yang melakukan pemeriksaan tas ketika hendak masuk ke dalam teater.

Tapiii...
Percaya gak percaya pasti aja tetap ada yang lolos tentunya *seperti gue ahahha*

Jujur, gue sering banget bawa makanan dan minuman dari luar bioskop. Jangankan minuman dingin atau minuman yang mempunyai tutup yang rapat (botol, yang tutupnya di press, dsb.) gue pribadi bahkan pernah bawa kopi panas a.k.a hot coffee yang memang masih di gelas kertas seperti yang kita beli di cafe gitu :P

Yang ekstrem dulu pas masihhh SD kayaknya atau SMP pernah bawa pizza 1 loyang bener-bener yang di kardus boleh dibawa masuk ke dalam. Entah mungkin dulu belum ada peraturannya atau gimana juga lupa hahaha...

Meninggalkan Jejak
Usai film, biasanya banyak dari kita yang buru-buru keluar dari teater. Tentunya pasti dengan berbagai alasan yang berbeda. Mungkin ada yang kebelet, ada yang mau pulang cepet, dll.

Sayangnya...
Hampir sebagian besar penonton di bioskop ketika meninggalkan bioskop meninggalkan jejak sisa makanan mereka (re: sampah). Baik di kursi maupun di lantai teater. Mungkin kelihatannya hal seperti ini sudah wajar terjadi dan kita lihat.

Namun, waktu itu gue pernah membaca postingan orang luar yang berada di Indonesia. Tapi, pas gue cari postingannya lagi udah dihapus sepertinya. Secara garis besar dalam postingannya mengatakan bahwa jika di luar (tempat asalnya) para penonton sangat tertib dalam perbuatannya.

Ketika datang, ruangan teater tentunya bersih sehingga membuat kita nyaman untuk menonton. Ketika pulang, mereka pun meninggalkan ruangan teater dalam keadaan bersih pula. Memang secara tidak langsung kita sudah membayar untuk menonton dan menikmati fasilitas yang ada. Toh, nanti juga ada yang membersihkan.

Memang semua itu benar...
Saya juga tidak menyadari hal tersebut sekiannn lamanya. Tapi, entah mengapa melihat kondosi yang seperti ini terkadang membuat gue berpikir. Orang luar terkadang bisa menyadari apa yang selama ini kita tidak sadari karena dianggap sudah terlalu lumrah. 

Gue juga merasa terutama ketika melihat sisa-sisa makanan yang berceceran di lantai (entah itu tumpah atau gimana) terbesit dalam pikiran " Nanti orangnya bersihin gimana ya?" Karena mereka harus membersihkannya dalam waktu yang singkat untuk mempersiapkan pertunjukan selanjutnya. Bukan berarti karena kita sudah membayar tiket kita berhak melakukan segala sesuatu dengan tidak beratnggung jawab.

Hal-hal sepele yang seringkali kita abaikan sebenarnya ada kalanya harus kita ubah. Gue pun menyadari dengan tindakan sederhana seperti membawa sisa makanan kita sendiri bukanlah hal yang sulit bahkan bisa membuat kebiasaan baik bagi diri kita sendiri.



Okee....
Sekian dulu post kali ini :)
Semoga bisa memberikan inspirasi bagi kalian semua!
See ya!
GBU  (ˆ▽ˆ)❤





"Cinema is the ultimate pervert art. It's doesn't give you what you desire - it tells you how to desire."
- Slavoj Žižek -

No comments:

Post a Comment