Sunday, July 3, 2016

Pelo

Haiii semuaa :)
Apa kabar???
Sudah suasana lebaran, nih, ya....
Pada mudik, kah?

Post kali ini akan membahas sedikit mengenai masa kecil.
Pernah, gak, sih?
Dulu pas sewaktu kecil atau denger anak kecil kalau ngomong suka agak-agak pelo gitu. Kadang belum bisa ngomong "r" atau ngomongnya masih pelafalannya belum tepat?

Maksudnya?
Misalnya seperti mau mengucapkan kata "sakit" menjadi "atit" atau "panas" menjadi "nanas" dan sebagainyaaa~

Terkadang kita mungkin mendengarnya jadi gemas sendiri. Sampai-sampai kita seringkali mungkin menirukan gaya bicara anak kecil untuk lucu-lucuan atau ketika bercanda (terutama bercanda dengan anak kecil juga biasanya begini ahahha).

Tapi...
Ternyata sebenarnya pengucapan kata yang salah tersebut misalnya "atit" tidak boleh dibiasakan jika sedang bercanda dengan anak kecil. Karena pada dasarnya anak kecil biasanya menirukan apa yang dilihat dan didengarnya. Jika pelafalan kita seperti itu, maka mereka pun bisa berasumsi bahwa pengucapan kata tersebut benar.

Dulu, dari pengalaman pribadi dimana gue memiliki adik-adik yang tentunya sewaku kecil belum bisa juga mengucapkan beberapa kata dengan benar. Contohnya seperti: pesawat ~ sesawat dan kulkas ~ kuklas....

Kalau masih kecil mungkin kita menganggapnya sebagai suatu hal yang lucu. Akan tetapi, jika kebiasaan ini terbawa sampai ke jenjang yang lebih dewasa tentunya kita menjadi "gemas" ketika mendengarnya. Pada kenyataannya memang ada beberapa orang yang seperti itu. Temen gue dulu gak bisa ngomong "kecebong". Dia selalu melafalkannya "kebongce" dan terakhir sampai sekitar SMP masih belum bisa --"

Jadi....
Jangan membiasakan sesuatu yang memang salah. Karena nantinya bisa membawa dampak yang buruk bagi diri sendiri maupun sesama di luar sana ahahaahha *gajelas*



Sooo...
Sekian post kali ini....
Semoga bisa menghibur dan menghilangkan rasa bosan ahahaha.
See ya!
GBU  (ˆ▽ˆ)





"You can learn many things from children. How much patience you have, for instance"
- Franklin P. Jones - 

No comments:

Post a Comment