Sunday, July 10, 2016

Belajar


Haiii semuaa :)
Apa kabar???
Bagaimana liburannya? Hhe....

Post kali ini akan membahas sedikit tentang belajar!
Kenapa belajar?
Karena sebentar lagi liburan sekolah akan usai *kuliah gue juga* aahahha...

Selain itu, selama hidupnya manusia pasti akan selalu belajar. Kalau tidak belajar berarti ia sudah mati. Bukan berarti harus belajar seperti textbook tapi juga hal-hal kecil yang mungkin tidak kita sadari.

Dari kita lahir sampai nanti di penghujung usia selalu ada proses pembelajaran. Sedari kecil kita belajar mulai dari berbicara, berjalan, dll. Mulai dari hal yang sederhana hingga hal yang kompleks. Semua sudah dijalani secara sadar maupun tidak sepanjang perjalanan hidup kita ini.

Tentunya, selama dalam proses pembelajaran tentunya kita pernah melakukan kesalahan yang akan menjadi pengalaman kita. Terlebih lagi sewaktu kita kecil. Kadang kala ada kejadian-kejadian lucu yang bisa menjadi kenangan di kemudian hari.

Dulu sewaktu adik gue masih SD (dibawah kelas 4 SD) saat ulangan ada kejadian yang kocak banget. Mungkin kita seringkali baca di media sosial terkadang ada jawaban ujian anak-anak kecil yang bener-bener out of the box banget dari ekspektasi jawaban yang sebenarnya.

Pas baca ulangan adik gue ada 2 jawaban yang sampai sekarang gue sekeluarga inget yang kira-kira pertanyaannya seperti ini:

Di soal ulangan apa gitu ada soal isian
- Kalau malas belajar nanti . . . .
Dan adik gue jawab jadi tukang becak. Karena dia sering pulang naik becak dan di depan rumah banyak becak ahhaha...

Di ulangan agama ada soal isian juga
- Kalau malas berdoa nanti . . . .
Dan jawabannya jauh lebih absurd. Dia jawab nanti kesurupan! Ahahha. Ini gak tau pengaruh sinetron dari TV atau apa. Soalnya kalau kalian inget dulu sering ada film setan-setan gak jelas di TV. Filmnya kayak yang nangkepin hantu gitu-gitu. Rusak, deh, anak bangsa ahaha...

Cara belajar orang-orang pun berbeda-beda. Ada yang belajarnya:
1. Nyicil dari jauh hari
- buat hafalan yang bahannya gak ngotak 10 bab misalnya dan latihan ujian yang hitungan -.-
2. SKS alias Sistem Kebut Semalam
- terkadang dengan adanya tekanan bisa lebih cepet masuk di otak 
3. Sambil dengerin lagu
- terus yang afal jadi lirik lagunya ahhaha. Bercanda, ye. Tapi beneran ada kok yang memang harus sambil dengerin lagu baru masuk di otak.
4. Sambil mondar-mandir gak jelas
- terutama kalau lagi hafalan udah kaya setrikaan!
5. Sambil makan
- penuhlah itu buku dengan noda dan seringkali fokusnya jadi ke makanan bukan ke belajar ahahaha

Di suatu titik pastinya ada saat dimana kita mungkin merasa sudah tidak mampu lagi untuk belajar. Mungkin karena bahan yang sulit atau terlalu banyak. Namun, sebenarnya di saat seperti itulah kita sedang berkembang dan jika kita berhasil meelwatinya kita sudah meningkatkan kemampuan kita.

Sewaktu semeter pertengahan banyak senior yang bilang kalau semester-semester itulah yang paling susah dan banyak yang "tumbang". Begitu pula hal-nya dengan gue dan temen-temen gue. Kita udah hopeless banget pas ujian. Dosen gak jelas. Bahan gak jelas. Gak tau mau belajar darimana.

Di saat titik terendah tersebut kita merasa bahwa kita sudah tidak mampu lagi. Namun, kenyataan yang terjadi ternyata berkata sebaliknya. Pada akhirnya ternyata kita dapat melewati semua hal tersebut. Sampai terkadang kita pun bingung "kok dulu bisa, ya, kita lewatin semua itu?"



Okeiii....
Sekian post kali ini :)
Jangan lupa manfaatkan liburan kalian selagi masih ada waktu!
Dan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1437 Hijriah bagi yang merayakan!!!
See, ya di post berikutnya....
GBU (ˆ▽ˆ)





"Live as if you were to die tomorrow. Learn as if you were to live forever"
- Mahatma Gandhi - 

No comments:

Post a Comment