Sunday, March 27, 2016

Tips Hemat - Ala Anak Kos -

Halooo semuaa....
Pertama-tama Selamat Paskah bagi yang merayakan, ya (‾▿‾)


Topik kali ini akan membahas tentang hemat-hematan yang biasa gue lakuin dalam segi banyak hal. Biasanya hal-hal ini "kemungkinan" juga dilakukuan oleh anak-anak kos lain di luar sana *atau bisa aja non-kos*


Eat

Berawal dengan kata eat bukan bermaksud nyambungin ke "Eat. Pray. Love." loh, ya. Ahahahaha. Makan merupakan aktivitas yang pasti dibutuhin oleh seluruh makhluk di duniai ini. Biasanya makan juga mengambil porsi besar dalam uang jajan/ gaji kita. Ada pepatah (?) bilang kalau orang kerja itu gajinya abis di makan sama transport. Oke, Mungkin juga ada yang sama tapi bisa juga ada yang beda tentunya.

Jadi, gimana, sih, ngakalinnya?
1. Bawa Bekal
Bersyukurlah kalian wahai manusia-manusia yang dibawakan bekal dari rumah oleh orangtuanya. Jika, iya. Itu bekal harus dihabiskan. Gimana, pun, juga ortu kalian udah capek-capek bangun lebih pagi untuk masak demi kalian *masak gak semudah membalikkan telapak tangan, ye*.
Tapiii....
Kalau anak kos kayak kita-kita. Masak, ya masak sendiri :')
Jadi, kita yang harus bangun lebih pagi. Enaknya kalau masak sendiri kita gak bosen sama makanan yang itu-itu aja dan tentunya lebih sehat! Belanja bahan-bahannya juga di pasar terdekat aja biar lebih murah. 

2. Bawa Nasi
Kalau kalian malaassss atau gak sempet masak. Setidaknya, ya, bawa nasi, deh. Lumayan tau! Kalau bawa nasi tinggal beli lauk aja. Nasi aja seporsi udah lumayan. Kalau bawa nasi aja udah hemat berapa itu sebulan. Bawa stok berasnya dari rumah aja *bagi yang kos* ehehehe

3. Jangan Banyak Ngemil
Kalau mulut lagi iseng pasti bawaannya pengen makan. Ya, jauh-jauhlah dari snack yang biasa gak cukup satu bungkus apa pun itu. Daripada beli snack-snack ga jelas. Mending tahan diri dari segala godaan maut itu. Bisa sekalian diet, deh #eh
Tapi, kalau memang kepepet pengennn banget. Boleh, lah, ya. Hidup cuma sekali. Jangan di sia-siakan. Kalau ngemilnya, buah lebih bagus. Secara, anak kos biasanya kurang gizi --"

4. Makan Besar
Kalau lagi pengen makan yang variannya banyak dengan budget minim. Ajak aja teman-teman kos untuk patungan beli paketan makanan delivery untuk makan bareng-bareng!

5. Minum
Nyelip sedikit. Kalau minum sebaiknya bawalah botol minum kemana-mana. Selain membantu aktivitas go green, dengan membawa botol minum kita bisa isi kembali air minum kita. Tentunya di setiap kantor disediakn air minum. Beruntungnya di kampus gue juga ada air filteran yayyy!!!

Jadi, pas mau balik ke kos boleh, lahhh. Isi dulu, mas, brp, sis, jeng, dek air minumnya. Lumayan, kan. Gak perlu beli" air mineral lagi. Bahkan dosen gue sampai ada yang nyeletuk "Buat para anak kos. Pergunakan air itu dengan sebaik-baiknya. Kalau mau bawa galon juga boleh. Kalau kuat ngangkatnya. Tapi, ya, tau diri juga aja. Ahahahaha." Dosen pun merestui, lho *tenteng galon dari kosan ahhaha*


Gadget

1. Charge
Gadget atau gawai dalam KBBI tentunya sangat berperan penting dalam era yang serba teknologi ini. Terkadang, di beberapa kosan ada yang sistem listriknya menggunakan pulsa. Jadi, harus hati-hati banget dalam penggunaan listrik. Jadi, kalau mau charge segala barang elektronik di kampus/ kantor aja. Kalau bisa di luar kosan, deh. 

2. Hemat Kuota?
Cari wifi gratisan aja *kayaknya semua orang juga suka yang ini*
Kebetulan kalau di kampus gue ada wifinya *tapi hampir selalu error* dan di mal sebelah ada juga yang lumaayan kenceng bahkan untuk download film HD 


3. Speaker 
Kita juga tentunya ada suatu saat pengen dengerin lagu yang kita suka dengan suara yang mantab. Kendalanya, speaker gak punya :(
Tapi, jangan khawatir!
Ember/ gayung solusinya!
Ini seriusan. Taruh aja hp ke ember/ gayung yang tentunya ukurannya lebih besar dari gadget kalian. Lumayan, loh. Suaranya jadi lebih kenceng dan bisa hemat baterai juga karena gak nyalain suaranya full. Tapi hal ini ga berlaku untuk laptop, ya. Mau baskom segede apa gile ahhahha.


Beauty

Secara, gue seorang perempuan. Tentunya merawat diri adalah suatu kewajiban *iya, gak, sih?*
Tapiii....
Yang namanya perawatan itu super, duper, mahal. Apalagi kalau dilakuin di salon/ mal. Padahal sebenernya ada banyak hal yang bisa dilakuin di rumah/ kosan sendiri tanpaaa mengeluarkan uang sebanyak itu. 

1. Masker
Baik masker wajah maupun rambut sangat bisa dilakukan sendiri. Untuk wajah ada banyak alternatifnya. Mau yang udah jadi (beli di toko atau online shop), mau yang bikin sendiri dari buah, yogurt, madu, atau apa pun itu juga jadiii. Tinggal niatnya aja. Kalau gamau ribet, ya, beli yang udah jadi aja.
Kalau untuk masker rambut. Beli aja masker rambut merek apa pun yang kamu suka di tempat yang grosir/ supply perlengkapan dan peralatan salon. Di situ jauhhh lebih murah daripada kalau beli di salon. Produk yang sama. Kualitas sama. Harga miring! Oyeah 
Masker rambut yang dimaksud bukan yang sachetan ya. Tapi, yang memang ada tempatnya itu, lho. Yang krim rambut. Isinya banyak, bisa dipakai berkali-kali jadinya. Bisa hemat banyakkk.

2. Scrub
Scrub ada yang untuk bibir dan badan. Kalau bibir, yaa. Bisa dengan liat tutorialnya di youtube atau artikel-artikel juga banyak. Kalau badan beli aja scrubnya sendiri daripada harus ke spa atau apa pun itu.

3. Make Up 
Saat ada acara minta bantuan aja ke teman kos yang jago make up untuk make up-in dan style rambut kalian daripada harus ke salon. Apalagi kalau teman dekat. Paasti mau, kok, kalau gak sibuk. Kalaupun minta bayaran pasti, gak, semahal di salon. Kecuali temen kos kamu emang make up artist pro, ya.


Etc.

Hal-hal lainnya yang bisa dihemat bersama, yaitu:
Ongkos Kirim
Kalau ada mau beli barang di online shop bisa ajak-ajak teman kos yang lain untuk barengan belinya. Jadi, bisa lebih hemat, deh, ongkirnya.




Sampai disini dulu, yaa. Jangan lupa baca yang sebelum-sebelumnya juga.
See ya!
Gbu 





"Pelit itu payah! Hemat itu jenius!"
Yoshichi Shimada 





No comments:

Post a Comment