Sunday, March 13, 2016

Insom oh Insom

Feels like insomnia ah ah, fells like insomnia ah ah - Craig David-





Haiii semua :)
Bagaimana kabarnya di pertengahan bulan ini???
Ahahahaha. Kok jadi mendadak formal, ya???


Nah, topik kali ini akan membahas tentang insomnia. Sebenarnya insom (re: insomnia) merupakan ganggungan dimana seseorang tidak dapat mendapatkan cukup tidur atau kesulitan untuk tidur. Hal ini bisa disebabkan banyak faktor bisa psikologis atau yang lainnya.


Jadi, yaaa, gue pribadi sering banget mengalami yang namanya insom. Kalau kambuh bisa-bisa tidur jam tiga subuh, bangun jam enam atau jam tujuh pagi gitu. 

Di blog ini "insomnia" yang gue bahas berasal dari pengalaman pribadi yang ada juga yang gue dapat dari bacaan-bacaan di majalah dan dari teman.


Kok bisa, sih, insom?

Kalau ditanya, gitu. Kadang juga bingung mau jawabnya apa. Hahhahaha. Seriusan. Soalnya insom makin parah di saat-saat ujian kayak sekarang (ya gue lagi midterm haahha). Kalau berdasarkan pengalaman, insom selain karena hal psikologis menurut gue dapat terjadi karena:

1. Stres/ Depresi
Ini kalau orang yang namanya lagi stres itu bawaannya gelisah dan jadi gak tenang. Bahkan saat tidur karena terlalu banyak mikirin banyak masalah. Kalau lagi apes bisa sampai kebawa mimpi itu masalahya.

2. Kafein
Namanya juga kafein. Kandungan dalam kafein itu ada zat yang bisa bikin nggak ngantuk *katanya*. Tapi mungkin ini gak berlaku bagi semua orang. Soalnya ada beberapa orang yang minum kafein (kopi) kalau mau tidur, mah, tidur aja. Ahahhahaa. Kalau di gue bisa rasain after effectnya beberapa jam setelah minum. Gak kersa dalam waktu yang singkat.

Terus? Cara mengatasinya?

1. JAUHIN GADGET DARI TEMPAT TIDUR
Ini beneran, deh, ya. Segala jenis gadget matiin dan jauhin dari tempat tidur. Lebih baik jika kita tidak memegang gadget satu jam sebelum tidur. Selain mempunyai radiasi yang berbahaya bagi tubuh, gadget juga membuat kita jadi ingin main atau browsing terus. Tau-tau udah subuh aja. Jadi, "buang" jauh-jauh pas mau tidur!

2. Olahraga Rutin
Terkadang bagi orang yang sibuk, mempunyai waktu untuk berolahraga aja susah. Padahal, bisa berdampak buruk juga terhadap kesehatan tubuh. Olahraga yang dimaksudkan sebenarnya tidak perlu olahraga yang berat. Tapi yang biasa-biasa saja tapi rutin seperti streching. Setidaknya 30 menit/ hari. Teknik ini beneran gue terapin, lho. Tidur jadi makin pules entah kenapa. Syukur, deh. Ehehhe :P

3. Mandi Air Hangat
Kalau sudah pulang kerja/ kuliah di malam hari gunakan air hangat untuk membasuh tubuh supaya lebih rileks. Kalau kita mandi dengan air dingin tentunya badan malah segar kembali!

4. Redupkan Lampu
Saat tidur akan lebih baik mematikan lampu/ menggunakan lampu redup karena lampu yang terang dapat membuat mata lebih terjaga.

5. Jangan Minum Kafein!
Ya, tau lah, ya dampaknya.

Dan yang sebenarnya juga tidak kalah penting. Kita juga harus menetapkan kembali jam tidur kita yang benar sehingga jam pada tubuh kita kembali normal :)




Sampai disini dulu, post kali iniiii. Mau ujian, euy!
See ya!
Gbu 





"Sleep is such a luxury, which I can't afford"
- Robin Sikarwar - 

No comments:

Post a Comment