Saturday, May 14, 2016

Di Ruang Nostalgi(l)a - Part I


Halooo semua :)) 
Setelah vakum beberapa minggu akhirnya menyempatkan diri untuk menulis kembali.
Rencana mau post seminggu sekali sempet gagal karena lagi sibuk kuliah dan kemarin itu ada tuugas magang sekitar 2-3 minggu. Ditambah dengan kuota internet yang sedang tidak bersahabat. Jadilah seperti ini --"

Topik kali ini mengingatkan kembali pada masa kecil gue yang mungkin cukup berbeda dengan masa kecil anak zaman sekarang hehehe....

Lahir di era tahun 90-an dengan tahun 2000-an tentunya sudah membuat banyak perbedaan dalam masa kecil kita. Yaaa, walaupun gue udah 90-an akhir menjurus ke 2000-an heheehe. Sebenernya mungkin topik ini sudah sering dan banyak di bahas di media sosial yang ada. Sampai-sampai sekarang ada komnitas yang anak era 90-an itu, loh, yang di instagram (gue tau awalnya dari insta, sih). Kalau lihat post-an dari mereka jadi selalu inget masa-masa kecil dulu *mendadak merasa jadi tua banget kesannya ya? Hahaha*

Topik ini udah kepikiran pengen ditulis sedari dulu tapi selalu "ketikung" sama topik yang lain. Tapi, tadi kebetulan sempat ngobrol dengan senior (cowo) di organisasi dan ujung-ujungnya ngomongin kebiasaaan-kebiasaan apa saja, sih, waktu kecil dulu. Mulai dari film, mainan, sampai game, dll.

Diawali dengan lagu Sailor Moon *ini beneran*
Terus jadi cerita-cerita kalau mainan pas masih kecil dulu, mah, lebih seru dibandingkan anak sekarang yang kerjaannya cuma main gawai. Main sama temen-temen, apalagi kalau main di luar sambil ngebolang pulang sekolah itu bener-bener seru, deh! Kasihan juga anak-anak kecil sekarang ini. Mereka udah jarang bisa main di luar. Main aja susah gimana mau ngebolang coba!

Sebenarnya hal ini dilema banget, sih.
Anak sekarang pulang sekolah sore. Beda dengan dulu jam 1 sudah pulang, terus bisa main, bahkan tidur siang! Kalau sekarang pulang sekolah sore, lanjut les ini itu, kerjain tugas, kursus lagi, dan perintilan-perintilan lainnya. Mau gimana juga, sih, ya. Tuntutan zaman sekarang harus under pressure juga.

Hal-hal yang dibawa nostalgia selama percakapan dengan senior tadi bener-bener campur aduk. Pertama-tama karena berasal dari OST (Opening Sound Track) Sailor Moon jadi yang dibicarain masih seputar kartun dan film-film. 

Kartun zaman dulu dibandingkan dengan sekarang kami rasa jauhhh lebih berbobot dan bermoral dibandingkan dengan sekarang ini. Dulu, Hari Minggu dari pagi sampaii siang itu surga dunianya bagi anak-anak. Karena, sepanjang jam itu bisa nonton kartun! Senior gue cerita kalau dulu dari SD nonton Dragon Ball dan baru tamat pas dia SMA dan terharu gitu kesannya. Tapi gue nonton segala kartun/ anime yang ada di TV pasti selalu gatau tamatnya itu kayak gimana. Tau-tau itu kartun udah gada dan diganti dengan yang lain :') #nasib

Tapi, lambat laun intensitas penayangan kartun semakin berkurang. Dari dulu sampai jam 12 siang turun ke 11 siang, dan terus menurun hingga pada akhirnya (sekarang ini) gue sendiri kalau Hari Minggu udah langka kayaknya untuk lihat ada kartun ditayangin di TV. Padahal waktu dulu, hampir semua saluran TV ada siaran kartunnya! Sekarang boro-boro. Ada aja syukur! Ceritanya, pun, sudah gak sebagus yang dulu punya.

Kalau dulu, cepet-cepetan bangun Hari Minggu rebutan remot TV. Siapa yang paling pagi bangunnya, dia yang memegang kuasa. Terlebih lagi kalau di dalam keluarga kalian ada beberapa saudara. Pasti ngerasain, deh, perang akibat remot tv pagi-pagi. Bahkan senior gue ada triknya biar dulu gak harus bangun pagi. Pas malam harinya (Sabtu), saat semua sudah tidur, diambillah itu remot dan dibawa tidur! Voila! Pas pagi-pagi remot tv dicari gak ada di seluruh penjuru ahhahaha....

Dari kartun geser sedikit ke game!!!
Yang namanya anak cowok pastinya doyan sama main game. Entah itu online atau offline. Kalau gue pribadi gak pernah main GO sama sekali ^^

Sebelum ada internet (kayaknya) punya PS (plays station) itu mevvah banget rasanya!!!
Gue sama senior gue sama-sama punya PS1 (dan masih bisa dimainin sampai sekarang!). Inget kan opening-nya yang khas banget! Dan tentunya bikin deg-deg-an gitu kalau macet di tengah jalan gak ke loading. Game-game PS cewe terkadang beda seleranya sama cowo. Tapi, ternyata kita sama-sama main Harvest Moon, Bishi Bashi, dan game-game balapan atau duel gitu ahahha. 

Ngomongin Harvest Moon dimana gue dulu gatau sama yang namanya ada "memory card". Jadi, main Harvest Moon itu selaluuuuu ngulang dari awal! Dan kalian yang main pasti tau awalnya itu game kayak gimana --"
Kalau senior gue bahkan sampai ngikutin walkthrough-nya dan gue baru tau itu ada *telat 10 tahun lebih* dan hebatnya dia masih inget segala nama tokoh cewenya disana ahahaa.

Kalau mainan yang nuansanya duel-duel itu bahasanya udah mulai aneh-aneh yang keluar, katanya "Buat jurus, setengah lingkaran sama segitiga". Oke. Orang awam yang gak main PS pasti bingung. Biasanya kalau ada jurus-jurus/ cheat gitu pastiii aja orang-orang pada gamau kasi tau. Kalau kata dia, sebenernya ada 2 alasan:

1. Dia emang beneran tau tapi gamau kasih tau biar gak tersaingi
2. Sebenernya dia sendiri gatau kok bisa keluar jurus *hoki*

Tapiii....
Jawaban kalau diminta caranya selalu sama "Ada dehhh...." *evil laugh* dan gue sangat tidak tahu menahu tentang jurus-jurus atau apalah itu. Kalau sekarang sih enak tinggal cari di internet. Lah, kalau dulu? Kamusnya, ya, temen kita!

Kalau Bishi Bashi???
Menurut gue salah satu game legenda, sih, ya. Gue kalau main serada ekstrem bisa sampai itu tangan melepuh ngadu sama joystick. LOL. Apalagi kalau pas bagian game "Perm" apadah itu. Sampai sekarang selalu gak bisa. Ehhh, tapi senior gue malah paling bisa itu. Akhirnya, kemarin dikasih tau, deh triknya. Yes!




Nahhh....
Sekian untuk Part I nya ~
Panjang juga, ya?

Tapi memang tidak bisa dijelaskan dengan kata-kata saja.
Masa kecil terlalu bahagia untuk dituliskan hehehe.
Tunggu Part II-nya.
See ya!
Gbu 






"Memories of childhood were the dreams stayed with you after you woke"
- Julian Bernes -







No comments:

Post a Comment