Sunday, May 22, 2016

Di Ruang Nostalgi(l)a - Part II


Haii semuaa :)
Dikarenakan sedang UAS jadi post-nya agak mepet *alesan* ahaahha

Oke. Gak pakai lama-lama lagi kita lanjutkan "Part II" dari ruang nostalgi(l)a ini ehhehe. Semoga terhibur ^^

Di Part I mungkin lebih banyak cerita tentang film dan game PS. Nah, kali ini ceritanya akan lebih berfokus pada masih permainan. Tapi, permainan yang gak berbau gadget ataupun menggunakan listrik sama sekali. Dulu, gak punya mainan pun anak-anak bisaa ajaa ada cara untuk "bikin: mainan sendiri. Kadang malah terlalu kreatif ya? Gue juga bingung kenapa dulu ada-ada aja bikin mainan kayak begitu hehehe. Satu sama lain saling bertukar cerita permainan apa yang sering dimainin pas kecil dan gak disangka ada beberapa yang sama tentunya seperti:

Petak Umpet

Oke. 
Ini pasti kayak kesannya lame banget. 
Tapi seru, loh, main petak umpet!!! 

Petak umpet salah satu permainan yang gampang banget dimaininnya. Tinggal kumpulin orang untuk main dan gada perlengkapan yang dibutuhin sedikit pun. Intinya cuma ngumpet, kejar, dan lariii!!! Ada satu teman yang jaga dan sisanya ngumpet. Kalau ketauan, harus dulu-duluan lari ke tempat awal terus bilang "Inglo!

Kalau gue dulu mainnya di rumah gue jadi, yaaaa. Terbatas lah, ya, tempat persembunyiannya. Yang ekstrem paling ngumpet di bawah kolong kasur yang penuh debu dan kapan aja bisa lewat kecoak setiap saat. Tapi ini seriusan. Kalau ngumpetnya di kolong kasur dan bener-bener mojok pasti gak bakalan keliatan soalnya. Terus keluar-keluar penuh debu dan sawang laba-laba AHAHAHA *evil laugh*

Akan tetapi *ceileh bahasanya*
Ternyata main petak umpet di luaran sana banyak yang lebih ekstrem!!!
Contohnya senior gue yang cerita ke gue itu mainnya di komplek perumahannya dia. Sampai-sampai ngumpetnya naik ke atas pohon segala masbro! Kece, gak, tuh???
Bahkan temennya ada yang ngumpetnya di ujung komplek dan muterin komplek biar gak ketemu sama si "penjaga" nya ahahaha. Yang bikin ekstrem adalah dia mainnya dari siang sampai lewat maghrib dan alhasil dia kena tipes istirahat sebulan katanya --"

Engklek

Senior gue tanya "Permainan apa coba kalau yang mainnya makin banyak makin susah?" Terus gue terdiam. Gak tau jawabannya dan yang ternyata itu engklek!!!

Kesannya bahasanya aneh banget ya? Hahahaha....
Tapi, setelah dipikir-pikir bener juga perkataan senior gue itu. Kalau makin banyak yang main terus "rumah"-nya ada di mana-mana kita mau lompat begimana coba? Iya, kan? (PS: rumah itu bukan rumah beneran ya tapi kalau di kotak itu lawat kita gak bisa injek tempat kita). Gue bingung juga jelasinnya. Kalau yang pernah main ngerti deh pasti hehehe.

Dulu, kalau mau main. Kalau di jalan gambar pakai kapur. Jalanan penuh dengan corat-coret indah karya anak bangsa :P Tapi kalau jatuh yaaa lumayan lah beset-beset sedikit itu kaki dan tangan. Anak jaman dulu makin banyak luka makin kerennn. Iya, gak? Gue pun jaman dulu penuh dengan "tato temporer" abis main ahahha. Kalau di rumah coretnya pake krayon di ubin!!! Itu kalau gue sih. Selesai main susah ngepel ilanginnya ahahha.

Gundu

Main gundu yang juga biasa disebut kelereng juga kita mainin ahhaha. Duluuu, yaa. Kalau nemu kelereng udah kayak nemu permata di tengah jalan. Berharga banget! Sampai sekarang masih ada tuh koleksi kelereng gue setoples yang bagus-bagus ahahha.

Kalau main gundu biasanya kita ada gacon atau jagoan masing-masing. Cara main kelereng pun ada banyak yang entah namanya apa aja gue juga gak tau. Yang penting main bareng temen-temen. Dahsyatnya dari main kelereng sebenernya bukan cuma adu gacon aja tetapi skill dari pemainnya. Senior gue pernah bilang dia pernah main sama orang yang bisa sentil kelerengnya itu udah ajaib banget. Yang pakai jempol, lah, yang pakai telunjuk kayak semacam dilempar gitu, lah dan kena lawannya. 

Hal ajaib yang pernah dia lihat dan gue denger *dari dia juga tentunya*
Pas sentil kelerengnya terus kena gacon lawannya si kelereng itu bisa muter balik!!! Duh, bahasanya apa ya? Kelerengnya jadi jalannya arahnya mundur gitu!!! Dia aja bingung liatnya. Gimana gue yang cuma dengerin. Itu ajaib, sih, menurut gue. Skill tingkat dewa aahhaha. Pengen lihat orang yang "masih" bisa kayak gitu mainnya.

Masak-Masakan

Bagi seorang perempuan. Wajarlah suka main masak-masakkan. Kan belajar jadi calon ibu #eh Tapi senior gue yang notabene cowok tulen. Ternyata suka juga main masak-masakan!

Dulu, kalau punya satu set lengkap mainan masak-masakkan kesannya kayak W.O.W. banget gitu! Serasa udah jadi chef  restoran bintang lima. Padahal yang dimasak juga cuma dedaunan yang diambil dari kebon sama bunga dan uleknya pake batu ahahha.

Layangan

Sore-sore, angin sepoi-sepoiii.
Ditengah lapangan atau halaman banyak layang-layang.
Gini-gini gue juga pernah main layang-layang *tapi gak pernah ngadu yaa ahaha*
Kalau sekarang udah susah mau main dimana?
Yang ada kalau di jalan bisa keserempet entar ckckckck.

Main Kucing

Fine
Ini mungkin absurd banget dan gue sebenernya syok ternyata ada orang di luar sama yang mainin kucing.

Kalian tentunya sudah tau, dong. Kalau populasi kucing itu buanyakkk banget!!! Gak ada habis-habisnya. Tapi, terkadang ada kucing (liar) yang suka menetap di suatu tempat tertentu.

Dulu, di rumah temen gue ada kucing-kucing yang selalu diem di tempat yang sama. Biasanya kita namain satu-satu pakai nama tokoh "Pokemon". Dulu kan Pokemon hits banget :P

Mainin kucingnya gimana, sih?
Kita sama sekali gak pegang kucingnya, loh!
Gak dielus-elus atau pun dikelon, dimanja, disayang...
Kita "mandiin" kucingnya pakai bunga atau daun-daun!!!

Taruh diatas badannya dan kayak orang nikah gitu di sebar-sebar di badan dia. Sedangkan kucingnya cuek aja diem. Tidur. Dan hal ini ternyata dilakuin juga sama senior gue! Hahahah. Somplak! Kalian ada juga, gak, sih yang mainin kucing kayak gini? Hehehhe




Okee...
Sekian post kali iniii...
Semoga terhibur yaaa dan mungkin sebenarnya masih banyak hal-hal yang gak bisa disebutkan karena kenangan masa lalu itu terlalu indah untuk dilupakan.
Thankyou udah baca n see ya!
Gbu 







"Benar. Kita tak pernah lagi menjumpai kebahagiaan yang setara dengan kebaahagian masa kanak-kanak- kita"
 - John Steinbeck, Tortilla Flat -

No comments:

Post a Comment